Sunday 4 May 2014

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)


Bismillāhirahmānirrahīm
Assālamu ‘alaikum warahmatullāhi wabarakātuh


Landasan Pemikiran


Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum islam yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist.
Dengan memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW diharapkan kita dapat mentauladani akhlaq yang mulia dari Nabi Muhammad SAW dan mengajarkan serta mengamalkan ajaran yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Sehingga akhirnya tercipta sebuah generasi yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw dan senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi muslim yang sesuai dengan harapan beliau. Dan akhirnya semoga kita semua dijadikan sebagai umat yang mendapat syafa’at dari beliau kelak di hari yang tidak akan ada syafa’at kecuali dari beliau.
Ukhuwah islamiyah harus terus menerus dibangun dan dipelihara dimuka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh ummat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akherat. Melalui peringatan hari besar Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ukkhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, masyarakat dan yang lebih luas lagi.

Klinik Utama Cahaya Qalbu merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki Visi “Menjadi pusat pelayanan dan rujukan kesehatan khususnya ibu dan anak terpadu yang ditunjang dengan pelayanan professional dan satelit yang memuaskan serta menjadi pilihan utama bagi masyarakat Ciparay-Majalaya dan sekitarnya”, Dan Misi untuk (a) Menyelenggarakan pelayanan kesehatan, khususnya kesehatan Ibu dan anak yang professional dan bermutu, (b) Mengembangkan sikap mental wirausaha dalam menyelenggarakan pelayanan prima, (c) Menyelenggrakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengembangan yang bermutu. Serta mengedepankan dan menerapkan nilai-nilai religius (Syariah Islam).

Klinik Utama Cahaya Qalbu berusaha memberikan sumbangsih atau kontribusi layanan yang berkualitas berbasis syariah dan memberi dorongan terhadap peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak. Selain itu, Klinik Utama Cahaya Qalbu dengan salah satu konsep program Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dalam melaksanakan aktivitasnya tidak hanya berdasarkan dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden semata, melainkan juga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan sosial dan, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang. Sehingga di harapkan Klinik Utama Cahaya Qalbu menjadi fasilitas kesehatan yang berkualitas, dihormati dan menjadi kebanggaan oleh seluruh pemangku kepentingan khususnya maupun masyarakat pada umumnya.



Nama Kegiatan Program CSR Klinik Utama Cahaya Qalbu

Kegiatan Program CSR mengusung tema “Berbagi Bersama Klinik Utama Cahaya Qalbu” dengan rangkaian penyelenggaraan program CSR sebagai wujud apresiasi Klinik Utama Cahaya Qalbu serta komitmen untuk tumbuh kembang bersama Klinik Utama Cahaya Qalbu. Adapun acara tersebut terbagi atas beberapa kegiatan yaitu: Seminar Kesehatan, Kantong Darah Untuk Sesama dan Berbagi Bersama Klinik Utama Cahaya Qalbu. Seluruh program tersebut dicanangkan dengan melibatkan seluruh mitra kerja Klinik Utama Cahaya Qalbu.


Maksud dan Tujuan Kegiatan

1. Memperingati hari besar Islam “Isra Mi’raj” Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai jelmaan kemahabbahan masyarakat pada junjungan alam penutup para anbiya.
2. Media introspeksi diri dalam menjalani kehidupan sehingga berpengaruh pada daya spiritualitas masyarakat akan kualitas dan persentasi keimanan.
3. Memberikan motivasi kepada generasi penerus agar selalu memegang teguh tali agama dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat dan mantap
4. Media syiar islam dan mempererat Ukhuwah Islamiyah karyawan/ti Klinik Utama Cahaya Qalbu khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya
5. Menambah wawasan dan pengetahuan tentang kesehatan.
6. Meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap lingkungan dan masyarakat.


Rencana Penyelenggaraan Kegiatan

Acara ini diselenggarakan oleh :
1. Klinik Utama Cahaya Qalbu
2. Prodia Laboratorium (MODERATOR SEMINAR KESEHATAN)
3. Palang Merah Indonesia (PMI) (UNIT DONOR DARAH)
Kriteria umur Pendonor : 17 – 55 tahun
Berat badan wanita 45 Kg, Pria 50 Kg.
Partisipasi :
1. PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart)
2. PT. Indo Pacific
3. PT. Bank Muamalat





Pelaksana

Panitia Penyelenggara terdiri dari karyawan/ti Klinik Utama Cahaya Qalbu, dengan melibatkan Pembicara Seminar dari Prodia Laboratorium, Unit Donor Darah PMI Cabang Kopo partisipasi dan support dari PT. Sumber Alfaria Trijaya, PT. Indo Pacific dan masyarakat sekitar.



Waktu dan Tempat

Acara ini Insya Allah akan diselenggarakan pada:
Hari : Minggu
Tanggal : 1 Juni 2014
Pukul : 08.00 s/d selesai
Tempat : Klinik Utama Cahaya Qalbu
Jl. Raya Laswi No.480 Cikopo – Ciparay, Kabupaten Bandung


Sasaran Kegiatan

1. Karyawan/ti Klinik Utama Cahaya Qalbu
2. Masyarakat sekitar Klinik Utama Cahaya Qalbu
3. Partisipan dari semua mitra Klinik Utama Cahaya Qalbu



Rangkaian Kegiatan

1. Pembacaan ayat suci Al-Quran dan Saritilawah.
2. Tausiah mengenai Memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
3. Seminar Kesehatan, sebuah acara edukatif bagi seluruh masyarakat dan tamu undangan dan partisipan, termasuk karyawan Klinik Utama Cahaya Qalbu berupa pengetahuan preventif, kuratif dan promotif tentang kesehatan yang dilaksanakan atas kerjasama dengan Prodia Laboratorium;
4. Kantong Darah Untuk Sesama, sebuah kegiatan kemanusiaan untuk sesama dengan memberikan donor darah yang dilaksanakan atas kerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia);
5. Berbagi Bersama Klinik Utama Cahaya Qalbu, memberikan bantuan untuk masyarakat sekitarnya yang tidak mampu sebagai wujud kepedulian sosial yang dilaksanakan dengan melibatkan seluruh mitra Klinik Utama Cahaya Qalbu.





Penutup

Demikian Kegiatan CSR “Berbagi Bersama Klinik Utama Cahaya Qalbu” dalam rangka Memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi semua pihak dan mampu menjadi motivasi dan inspirasi untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang serta selalu bersemangat untuk mendalami ilmu islam. Juga sebagai Inpirasi bagi seluruh umat islam umumnya dan khususnya bagi karyawan/ti Klinik Cahaya Qalbu untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah SAW. Amiin.
Untuk itu kami bermaksud memohon keridhoannya agar kiranya dapat berpatisipasi dalam kegiatan tersebut. Atas perhatian dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu alaikum warahmatullāhi wabarakātuh.

No comments:

Post a Comment